Selesai Kuliah Mau Jadi Apa ?

/
0 Comments
Lulus Kuliah Mau Jadi Apa ? _ztmahardika.blogspot.com
    Mungkin itu lah pertanyaan yang sebagian mahasiswa jumpai. Begitu juga dengan penulis yang pernah mengalami masa itu. Orang tua menginginkan anaknya untuk tetap melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi, namun kita lah yang merasakan apa yang kita inginkan. Keinginan untuk segera bekerja muncul dalam benak saya, namun dengan berat hati dan harus mengorbankan keinginan pribadi untuk bekerja.  

    Jiwa muda yang ada dalam hati tak bisa diungkiri untuk segera mendapatkan penghasilan pribadi nampaknya harus tertunda. Namun "ah yowislah dilakoni wae" kata yang sering orang Jawa katakan untuk mengatakan sebuah ketidaksetujuan namun tetap dikerjakan dengan berfikir pasti ada berkahnya dibalik semua. 

    Masa kuliah dimulai setelah mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri ternama di Kota Solo. Mengambil kelas ekstensi dan diwajibkan mengikuti masa "MATRIKULASI" yaitu masa dimana mahasiswa ekstensi dilakukan percobaan untuk mengikuti perkuliahan namun belum dihitung semester.

     Setelah masa "MATRIKULASI" kembali lagi menunggu pengunguman "Lulus / Tidak Lulus" agar tetap dapat melanjutkan masa studi ekstensi S1. Pada periode inilah dalam hati saya berkata "Semoga tidak lulus". Sombong mungkin kedengarannya, namun jujur harus saya katakan saya kurang begitu bersemangat lagi dalam mengejar Gelar Sarjana ini.

    Dengan biaya yang tinggi dan bayangan ilmu yang didapatkan tak sesuai harapan (pendapat pribadi) menjadi masalah utama saya dalam mengembalikan semangat mengejar "Gelar Sarjana". Namun lagi dan lagi kata "yowislah dilakoni wae" tertanam kembali dalam benak saya ketika melihat pengunguman "MATRIKULASI" yang artinya saya harus melanjutkan kuliah ekstensi ini sampai selesai.

     Bukannya saya tidak bersyukur mempunyai kesempatan untuk melanjutkan studi di Universitas Negeri, namun bayangan biaya yang tinggi dan bayangan ilmu yang didapatkan tak sesuai harapan itu membuat saya merasa "pekewuh" dengan orang tua karena telah bersusah payah mencarikan biaya untuk tetap berkuliah.

   Namun, dengan argumen dan penuturan orang tua saya yang sedikit banyak mendongkrak semangat yang sempat hilang. Akhirnya saya tetap lanjut kuliah sambil tetap mencari pengalaman kerja di waktu senggang sampai sekarang semester 3, eh genap. *Lhoh 3 kok genap ? Ya problem itu yang sedang kami (Korban Matrikulasi 2013) alami yang membuat masa studi yang seharusnya lulus dalam waktu 2 tahun menjadi 2,5 tahun masa studi (iya kalau lancar kuliah & skripsinya).

     Pesan saya kepada teman - teman yang belum lulus / baru lulus "Rencanakan masa depan kalian & kalau perlu bicarakan problemnya kepada orang - orang terdekat & cari solusinya". Bukan bermaksud menggurui namun hanya sedikit berbagi.




You may also like

Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.

Blogroll

Popular Topics