Desktop Linux naik 100% dalam 1 tahun

/
1 Comments
Survei DesktopLinux.com menunjukkan bahwa pengguna Linux telah bertumbuh dua kali lipat dalam setahun terakhir. Survey ini menghasilkan 38.500 suara, lebih banyak dibandingkan 14.535 suara dalam survey yang sama tahun lalu. Mereka juga melihat adanya peningkatan minat yang signifikan terhadap Desktop Linux. Peningkatan tersebut terlihat dari bertambahnya unique visitor dan site page hits.

Dell dan Lenovo menggunakan Linux Desktop untuk menghasilkan keuntungan buat perusahaan. Dell melakukan ekspansi dengan menawarkan Ubuntu Linux di pasar Amerika dengan 1420 laptopnya, juga di pasar desktop Eropa dan China. Linux Desktop telah menjadi bisnis, bukan sekedar hobi.

Desktop distributions

Saat ini pemimpin dari distribusi Linux adalah keluarga Ubuntu - 30% dari total responden menggunakan Ubuntu atau setidaknya salah satu dari kakak/adiknya nya: Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu. Ada juga yang sangat membantu distribusi Ubuntu seperti Linspire, Freespire, MEPIS, Linux Mint, dan Pioneer. Tetapi tahun ini mereka tidak lagi dihitung sebagai bagian dari Ubuntu.



Dalam segi popularitas, setelah keluarga Ubuntu, ada keluarga Suse Linux dengan 21%. Perinciannya adalah sebagian besar pengguna openSUSE (19,7%) dan beberapa SUSE Linux Desktop (1,3%). Hal ini tidak terlalu mengagetkan, karena memang pada dasarnya mayoritas responden adalah pengguna individu, bukan korporat.

Di tempat ketiga, kita memiliki berbagai distribusi yang berbasis Debian, meliputi Debian sendiri dan anggota lainnya, selain Ubuntu: Debian, Freespire, Linspire, Linux Mint, MEPIS, dan Xandros.

Red Hat/Fedora, yang tahun ini juga memasukan CentOS - ada ditempat ketiga dengan 9%. Tahun ini ada penurunan kecil dari tahun sebelumnya 7%.

Gentoo adalah anggota terakhir dari "TopFive" - yang juga mengalami penurunan dari 9,6% ke 7%.

Yang cukup mengagetkan dari hasil survey tersebut adalah PCLinuxOS menunjukan performa yang buruk. Dalam DistroWatch, PCLinuxOS telah menjadi top site dalam hal hit ranking dalam 30 hari terakhir. Hal ini dimungkinkan karena tidak seperti community distribution yang lain -- Ubuntu, openSUSE, and Fedora - tidak mempunyai dukungan korporat. Canonical, Novell, dan Red Hat memiliki dukungan untuk community distribution mereka yang tidak dapat ditandingi oleh Linux.

Desktop environments Hasil dari survey Desktop environment tidak terlalu mengagetkan. GNOME menempati urutan pertama karena menjadi default desktop Ubuntu dengan 45% pengguna. KDE ditempat kedua dengan 35%.

Yang cukup menarik adalah tahun ini Xfce ada di posisi ketiga dengan 8% suara. Dan fakta mengatakan bahwa 20% reponden mengatakan menggunakan desktop environment diluar GNOME dan KDE. Berarti masih ada ruang untuk Linux desktop yang lain untuk unjuk gigi.



Browsers

Anda mungkin dapat menebak hasil survey browser terpopuler tanpa melihat tabel. Jika tebakan anda adalah Firefox, maka anda benar.

Web browsers apa yang anda gunakan untuk desktop Linux? Pengguna Linux sangat menyukai Firefox, dengan 60% pengguna yang menjadikannya pilihan browser terfavorit. Ditempat kedua ada Konquror dengan 14% dan Opera 12%.



Email clients Thunderbird, sebagai saudara kandung Firefox, adalah Linux email client terpopuler. Thunderbird ada di urutan pertama dengan 37% disusul oleh Evoluton dengan 32%. Kmail ditempat ketiga dengan 17%. Banyak pengguna Linux - sebesar lebih dari 10% -- mulai meninggalkan email client yang berbasis web, seperti Yahoo Mail dan Gmail dari Google.



Menjalankan aplikasi Windows Pada Linux

Dalam hal menjalankan aplikasi windows pada Linux, hamper separuh dari hasil survey - yakni sebesar 39% -- mengatakan bahwa mereka tidak terlalu perduli.

Namun untuk sebagian yang perduli, banyak yang menggunakan Wine, yang menjalankan Windows API (application program interface) dengan 44%. Dibelakang Wine ada VMWare dengan 27%. Ditempat ketiga ada VirtualBox dengan 8%, yang dinilai cukup mengagetkan. Mengapa mengagetkan? Di DesktopLinux.com setidaknya kita pernah mendengar nama-nama seperti Xen,KVM, dan lainnya. Tapi tidak pernah yang satu ini.

Dari hasil survey tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya para pengguna mulai lebih memperhatikan desktop Linux, karena cepat atau lambat desktop Windows akan tergantikan, baik secara pengguna personal atau bisnis.

Linux desktop dapat menjadi begitu popular bukan karena penggemar yang menyukai teknologi, melainkan kare penggunnaanya tidak mahal, efisien dan aman.


You may also like

Comments
1 Comments

1 comment:

ismi said...

woii buka blog akuh juga donk
www.ichamisouri.blogspot.com

Powered by Blogger.

Blogroll

Popular Topics